03 August 2021

Pengertian Facebook Aggregated Event Management / Measurement

4 min read

Facebook Aggregated Event Measurement


Untuk mengantisipasi kebijakan pengguna iphone iOS 14, dimana kedepannya para pengguna Apple IOS 14 akan memiliki opsi untuk memberikan data bagaimana pengguna tersebut berinteraksi dengan aplikasi atau tidak, karena adanya opsi tersebut maka jika penggunakan tersebut memilih tidak membagikan data maka Facebook Pixel tidak dapat bekerja secara optimal dan para pengiklan kemungkinan akan mendapatkan penurunan atas efektivitas iklan mereka di facebook


Maksudnya gimana membagikan data pengguna atau tidak?

Jadi kamu pernah gak merasakan pada saat kamu sedang mencari vendor WO / fotografer / jasa lainnya, maka ketika kamu buka Instagram/Facebook kamu, tiba-tiba berisi iklan produk/jasa yang sedang kamu cari, itu yang dimaksud dengan membagikan data pengguna.


Facebook baru-baru ini meluncurkan Aggregated Event Management (AEM) untuk iklan dihandphone. Cara ini ini akan terus berkembang dan mendukung pengukuran hasil konversi aplikasi berbasis web dan aplikasi handphone dengan membatasi pengambilan data sensitif sambil tetap mendukung para pengiklan. AEM adalah hasil dari meningkatnya dari para pengiklan terkait perubahan penggunaan cookie, dan pembaruan untuk Chrome dan Safari, (yang telah membatasi cookie pihak pertama hingga tujuh hari). Selanjutkan, kami akan bahas cara kerjanya AEM, dan apa yang harus menjadi fokus pengiklan untuk menentukan langkah selanjutnya.


Apa itu Facebook Aggregated (AEM) Facebook?

AEM Facebook adalah cara/protokol yang memungkinkan pengiklan untuk melakukan pengukuran/tracking diwebsite mereka untuk pengunjung yang menggunakan iphone IOS 14 . 


Menurut Facebook: “Solusi AEM ini hadir untuk membantu permasalahan para pengiklan yang terjadi karena kebijakan IOS 14, AEM akan terus berkembang berbarengan dengan perkembangan browser untuk semakin membantu para pengiklan serta kebijakan privasi para penggunanya”


Kapan AEM Facebook akan dimulai? 

Ketika para penggunakan iphone melakukan update handphone mereka ke iOS 14


Bagaimana AEM Facebook akan memengaruhi pengiklan?

Para pemilik brand/para pengiklan akan dibatasi untuk melacak/mengukur/tracking peristiwa hingga maksimal delapan piksel per 1 domain. Setiap peristiwa/facebook event (pixel) aka nada urutan berdasarkan prioritas (lihat gambar dibawah ini ya apabila kamu bingung), Facebook hanya akan melakukan satu kali perekaman peristiwa(event) berdasarkan prioritas tertinggi yang kamu tetapkan untuk facebook event (pixel) diwebsite kamu.


Apa langkah selanjutnya bagi pengiklan?


  1. Pilih Events yang akan mengirimkan/melakukan pengukuran/pelacakan data yang paling berharga untuk tujuan iklan kamu. Pengiklan harus memiliki akses admin ke Pengelola Bisnis Facebook/Facebook Business Manager untuk memperoleh akses ke dasbor AEM.
  2. Pastikan untuk mempertimbangkan semua peristiwa (facebook event pixel) yang ada di website, pada saat kamu tentukan prioritas. Meskipun fokus utama kamu adalah konversi/penjualan, tapi saran kami, mengoptimalkan dan melacak event dari funnel tahap pertama/kedua (yang chat kamu/klik add to cart) akan menjadi kunci untuk strategi keberhasilan jangka panjang iklan kamu.
  3. Pastikan domain kamu telah diverifikasi oleh Facebook sebelum mengatur AEM. Verifikasi domain berada di Facebook Business Setting (Pengaturan Bisnis Facebook)


Tapi, kalau kamu adalah klien WEDESAIN kamu tidak perlu repot untuk mempelajari poin-poin diatas, setiap tahapan akan kami bereskan dan kamu cukup duduk manis dan terima hasilnya saja. Wedesain menyediakan jasa pembuatan website, pembuatan landing page, pembuatan ecommerce/toko online, dan pembuatan system perusahaan.

Mau Diskusikan Sesuatu ?

Terima kasih, Pertanyaan anda sedang dalam moderasi. Jawaban anda akan muncul dihalaman ini jika sudah dijawab oleh Admin.
WEDESAIN sebagai salah satu web developer untuk website design & development terbaik penyedia jasa pembuatan website dan digital agency sekaligus creative agency di Indonesia khususnya Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok. WEDESAIN tentunya menyediakan berbagai solusi pembuatan website terbaik yang meliputi jasa desain website perusahaan / brand, jasa pembuatan profil perusahaan / corporate web / company profile, jasa pembuatan toko online (e-commerce) yang bisa transaksi secara online dan menampilkan katalog produk, maintenance website, jasa SEO (Search Engine Optimization), jasa digital marketing yang sudah termasuk diskusi strategi marketing secara online. Jika kamu merasa desain suatu website bukan keahlian kamu,kamu sangat bisa menghubungi jasa desain website dan
jasa desain website yang berpengalaman Jasa pembuatan website dan konsumen / calon kliennya berada di dunia digital. jasa pembuatan website WEDESAIN untuk membuatkan desain website terbaik dan profesional. Sebagian cara untuk membuat desain website yang terbaik dan profesional sebagai sarana strategi marketing (digital marketing) adalah dengan menggunakan jasa pembuatan website profil perusahaan dan jasa desain website toko online yang berkualitas melalui website developer seperti WEDESAIN. Kamu pernah bertanya apakah kegunaan dari jasa pembuatan website toko online dan jasa desain website profil perusahaan yang professional? Jasa desain website dan jasa pembuatan website yang profesional akan sangat berdampak terhadap bisnis kamu, terutama pedagang bisnis online yang memang target
akan berfokus pada logo dan layout grafis website (User Interface) untuk menarik perhatian calon kustomer atau calon klien tentunya dengan tetap memperhatikan berbagai aspek kenyaman (User Experience) sebuah website sehingga membuat visitor (pengunjung) website betah berlama-lama di website Anda. Kesan pertama (First Impression) yang tak terlupakan sudah sepatutnya menjadi prioritas utama bagi web developer untuk menyediakan jasa desain website dan jasa pembuatan website yang baik. Selain itu tentunya dibutuhkan pengalaman (track record) dan kreativitas yang tinggi dari web developer (Seperti: wedesain.com) yang menyediakan jasa pembuatan website dan jasa desain website sebagai langkah utama untuk menentukan strategi dan pengembangan sebuah bisnis online.
ONLINE! Silahkan Chat di Sini